ARTICLES

Monday, 21 September 2020

Sinar Matahari Bagi Kulit Jerawat, Efeknya Jahat?

Sinar matahari mengandung vitamin D alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan tulang. Sinar matahari yang bagus untuk kesehatan adalah pukul 09.00 pagi. Kamu bisa mendapat manfaat sinar matahari dengan berjemur selama 15 menit pada jam tersebut. Sebaliknya, kamu tidak dianjurkan untuk berada di bawah sinar matahari pada pukul 10.00-14.00 siang. Alasannya karena pada jam tersebut, matahari memancarkan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Namun, bagaimana efek paparan sinar matahari jahat pada kulit wajah yang rentan berjerawat? Ternyata ada beberapa akibat buruk yang jarang diketahui lho!

Meski sinar matahari memang memberi manfaat, tetapi sifatnya cukup terbatas dan kadang ekspos berlebihan hanya akan bekerja berkebalikan terhadap permukaan kulit. Dan itu sebabnya, melakukan perawatan jerawat dengan sinar matahari hanya bisa dilakukan dengan hati-hati dan skala cukup terbatas.

Karena sebenarnya efek radiasi dari sinar UVA dan UVB dari sinar matahari bisa berubah menjadi cukup buruk terhadap permukaan kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari berlebihan justru akan mengalami efek iritasi berat, terbakar dan kerusakan termasuk di antaranya memicu tumbuhnya jerawat lebih berat.

Ini karena selain mematikan bakteri, sinar UVA dan UVB justru menyebabkan sistem imunitas menurun. Cukup kontradiktif, mengingat dikatakan sebelumnya sinar matahari menyebabkan naiknya kadar vitamin D di permukaan kulit yang akan membantu meningkatkan daya tahan kulit, tetapi kini dikatakan kembali bahwa radiasi akan menurunkan imunitas.

Tetapi demikianlah faktanya, sinar matahari yang terpapar berlebihan memang akan menyebabkan sistem imunitas atau daya tahan kulit terhadap serangan bakteri menurun. Dan ekspos vitamin D yang kamu dapatkan tak akan berfungsi menghadapi efek kerusakan dari sinar matahari pada kulitmu.

Di sisi lain ekspos sinar matahari berlebihan terutama selepas pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore akan menyebabkan efek iritasi akibat kulit terbakar oleh radiasi. Kerusakan ini menyebabkan permukaan kulit menjadi kering. Secara otomatis situasi ini akan mendorong kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Memicu muncul komedo

 Paparan sinar matahari berlebihan juga menyebabkan pembuluh darah pada wajah membesar. Ini juga memicu permukaan kulit melebarkan pori-porinya. Ini adalah bentuk adaptasi tubuhmu terhadap panas yang dipaparkan pada wajah. Pori-pori yang besar memudahkan kotoran dan bakteri terperangkap di dalamnya sehingga semakin meningkatkan resiko jerawat.

Muncul Tanda Penuaan

Sinar UV matahari bisa menembus langsung ke lapisan tengah kulit (dermis), menyebabkan sel elastin dalam kulit menumpuk secara abnormal. Ketika jumlah sel elastik cukup banyak, suatu enzim akan memecah kolagen dan elastin kulit. Akibatnya, terjadi perubahan struktur kulit seperti muncul bintik kecokelatan (flek), garis-garis halus, dan tanda penuaan lain.

Bagaimana Cara Mengurangi Bahaya Paparan Sinar Matahari?

Agar kulit senantiasa terlindungi dari efek jahat sinar matahari, dianjurkan untuk menggunakan tabir surya minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan. Oleskan tabir surya secara merata dan gunakan ulang tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Gunakan juga pakaian pelindung, seperti pakaian tertutup, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV matahari.

Gunakan sunscreen PAPULEX™ UV High Protection Cream yang dapat membantu kulit kamu menjadi lebih lembut serta melindunginya dari iritasi dan kerusakan dari sinar matahari. SPF 45+ nya melindungi kulit wajahmu dari sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit. Sunscreen ini cocok untuk kulit rentan jerawat dan tidak membuat kulit kering lho ladies!

PAPULEX adalah rangkaian skincare terdiri dari tiga formula aktif, serta menjadi produk yang sering diresepkan oleh dokter untuk perawatan jerawat di Perancis. PAPULEX menjadi satu-satunya brand derma-kosmetik yang direkomendasikan oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) sebagai perawatan jerawat, baik untuk jerawat ringan, sedang, atau berat. Yuk coba PAPULEXsekarang!

Sumber:

  1. https://pure.co.id/seberapa-bahaya-sinar-matahari-untuk-kulit-wajah/
  2. https://www.instagram.com/p/BnFvtLqFOAH/
  3. https://www.halodoc.com/artikel/penyebab-remaja-rentan-terkena-komedo
  4. https://www.deherba.com/matahari-dan-jerawat-menyembuhkan-atau-memperburuk.html
comment

TOP ARTICLE