ARTICLES

Friday, 9 August 2019

Ragam Skincare untuk Berbagai Jenis Kulit

Apa tipe kulitmu? Kulit kering, normal, berminyak, atau sensitif? Yang paling menentukan jenis kulitmu adalah gen. Disusul dengan faktor-faktor lingkungan lainnya. Jenis makanan dan tingkat stress juga bisa mempengaruhi lho.

Beda jenis kulit, beda lho perawatannya. Yuk coba cari tahu bagaimana merawat kulit kita biar enggak sampe salah.

Kulit Kering

Kulit kering biasanya terlihat kusam dan kasar. Teksturnya pun tidak rata. Umumnya kulit jadi kering karena kekurangan produksi sebum dan kandungan air. Solusinya, pemilik kulit ini sebaiknya menggunakan produk seperti hydrating toner dan pelembap. Pelembap yang dipakai juga berbentuk krim yang lebih ‘berat’ dibanding gel. Soalnya krim bisa mencegah hilangnya air. Umumnya krim juga mengandung humektan. Hindari kandungan alkohol dalam produk perawatan kulit. Sebab alkohol akan semakin mengeringkan kulit.

Kulit Normal

Kulit normal relatif lebih mudah perawatannya dbanding jenis kulit lain. Kulit normal memiliki kandungan air dan sebum yang seimbang. Kulit pun terjaga kelembapannya. Namun pemilk kulit jenis ini sebaiknya tetap memakai pelembap untuk menjaga kondisi kulit. Gunakan produk-produk yang gentle di kulit. Mulai dari pembersih kulit, pelembap, hingga tabir surya. Fokusnya adalah mempertahankan kondisi kulit.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak memproduksi lebih banyak sebum dibanding lainnya. Pori-pori pun terlihat lebih besar. Belum lagi kemungkinan berjerawat lebih besar karena tersumbatnya pori-pori. Lalu apa yang harusnya dilakukan?

Yang paling penting dilakukan pemilik kulit berminyak adalah menyeimbangkan minyak dan air pada wajah. Kenapa? Supaya kulit terjaga kelembapannya. Meski berminyak, jangan tergoda menghilangkan semua minyak di kulit dengan pembersih yang ‘keras’. Sebaiknya tetap pilih facial wash dengan soap-free formula untuk menjaga kulit. Pemilik jenis kulit ini bisa menggunakan facial wash seperti PAPULEX™ Moussant untuk menjaga kulit. Kandungan anti-bacterial adhesive (ABA), nikotinamid, dan zinc PCA-nya mencegah risiko jerawat. Untuk menghidrasi kulit, pilih pelembap yang mengandung lebih banyak air dan bertekstur ringan. Biasanya dalam bentuk gel. Contohnya PAPULEX™ gel.

Kulit Sensitif

Jenis kulit yang termasuk paling sulit perawatannya. Kandungan yang tidak cocok pada produk perawatan kulit akan menimbulkan berbagai efek. Mulai dari muka gatal dan kemerahan hingga terasa panas. Sebaiknya pilih produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Biasanya formulanya lebih lembut.

Apapun jenis kulitmu, jangan lupa merawatnya secara rutin. Yang paling penting adalah membersihkan muka dan melembapkannya. Jangan lupa juga memakai tabir surya. Kamu tidak mau semua usahamu sia-sia karena kulit rusak terkena matahari kan? Yuk rawat kulit kita dengan baik sebagai investasi di masa depan.

Referensi:

https://www.thebodyshop.co.id/blog/ketahui-skin-care-yang-tepat-sesuai-dengan-jenis-kulit

comment

TOP ARTICLE