ARTICLES

Monday, 7 December 2020

Radang Jerawat Hebat? Cegah dan Rawat Jerawat Kistik

Jerawat kistik atau cystic acne adalah jenis jerawat yang paling serius. Ini berkembang ketika kista terbentuk jauh di bawah kulit kamu. Ini bisa terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori.

Meski siapa pun dapat mengalami kondisi kulit berjerawat, jerawat kistik cenderung terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Ini juga lebih sering terjadi pada remaja, wanita, dan orang dewasa yang lebih tua dengan ketidakseimbangan hormon.

Biasanya, jerawat kistik bisa membaik seiring bertambahnya usia. Namun, benjolan yang membandel dan menyakitkan tidak akan hilang dengan sendirinya.

Bagaimana mengidentifikasi jerawat kistik

Selain sebagai bentuk jerawat yang paling serius, jerawat kistik juga cenderung berukuran paling besar. Itu juga lebih dalam di kulit. Semua jenis lainnya tampak berada di atas permukaan kulit.

Jerawat kistik sering kali tampak seperti bisul di kulit. Karakteristik pengenal lainnya termasuk:

  • Kista besar berisi nanah
  • Benjolan putih besar kemerahan
  • Lembut atau nyeri saat disentuh

Kista jerawat mungkin paling terlihat di wajah seseorang. Tapi mereka juga umum di dada, leher, punggung, dan lengan. Jerawat kistik bahkan bisa berkembang di bahu dan di belakang telinga.

Apakah jerawat jenis ini akan berbekas?

Dari semua jenis jerawat, jerawat kistik adalah yang paling mungkin menimbulkan bekas luka. Kamu dapat mengurangi risiko jaringan parut dengan membiarkan semua kista. Ini berarti Kamu tidak akan pernah bisa mengangkat atau memecahkan kista. Mengetuk jenis jerawat ini juga dapat menyebarkan infeksi.

Meskipun cara terbaik adalah mencegah bekas jerawat, ada beberapa perawatan yang bisa Kamu coba untuk mengurangi munculnya bekas jerawat. Namun, penting untuk merawat jerawat aktif terlebih dahulu dan mengatasi bekas luka setelah jerawat terkendali.

Ini termasuk:

  • Chemical skin
  • Dermabrasi dari dokter kulit
  • Pelapisan ulang laser dari dokter kulit

Tips perawatan kulit umum

Merawat kulit adalah cara terbaik untuk membantu mencegah jerawat kistik.

  • Basuh wajah sekali sehari di malam hari. Gunakan pembersih yang menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, tetapi tidak terlalu keras atau mengeringkan. Scrub dapat mengiritasi peradangan jerawat yang ada dan memperburuknya. Temukan pilihan pembersih wajah yang lembut di sini.
  • Hindari memencet jerawat. Bahkan memilih bentuk jerawat yang tidak terlalu parah dapat menyebabkan penumpukan kistik.
  • Pilih produk riasan yang berlabel “noncomedogenic” dan “oil-free”. Ini cenderung tidak menyumbat pori-pori. Berikut adalah pilihan riasan bebas minyak untuk dicoba.
  • Jangan pernah tidur dengan riasan masih di wajah.
  • Kenakan tabir surya setiap hari. Ini akan membantu mencegah sengatan matahari dari obat jerawat yang mungkin membuat kamu peka terhadap paparan sinar matahari, serta kanker kulit.
  • Beberapa perubahan gaya hidup berikut juga dapat memengaruhi kesehatan kulit Kamu secara keseluruhan dan mengurangi pembentukan jerawat kistik:
  • Cobalah mencari cara untuk mengurangi stres yang tidak perlu dalam hidup Kamu. Stres terkait dengan jerawat.
  • Hindari makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi. Ini termasuk roti putih, pasta, dan nasi, serta makanan manis.
  • Basuh wajah dan tubuh setelah berolahraga untuk menghilangkan minyak dan bakteri.

Nah, kalau kamu sudah tahu nih tentang menangani jerawat kistik, yuk lebih merawat kulitmu secara menyeluruh! Terutama juga harus pilih produk perawatan kulit khusus kulit berjerawat yang berkualitas. Kami merekomendasikan PAPULEX sebagai rangkaian perawatan kulit berjerawat yang bisa membuat kulitmu lebih sehat. PAPULEX adalah rangkaian skincare sering diresepkan oleh dokter untuk perawatan jerawat di Perancis. PAPULEX menjadi satu-satunya brand derma-kosmetik yang direkomendasikan oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) sebagai perawatan kulit berjerawat, baik untuk jerawat ringan, sedang, atau berat.

Yuk coba PAPULEX sekarang!

 

Sumber: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cystic-acne#see-your-dermatologist

 

comment

TOP ARTICLE