ARTICLES

Thursday, 22 November 2018

Menghindari Munculnya Jerawat saat Bangun Tidur

Pernahkah kamu bangun dari tidur dan menemukan adanya jerawat kecil di wajah? Menurut dermatologis di New York, Dr. Whitney Bowe, kemunculan jerawat tersebut disebabkan oleh kombinasi perubahan hormon, stres, dan pola makan.

Untuk menghindari kedatangan jerawat tiba-tiba, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  1. Tidur dengan sarung bantal bersih

Rambut penuh debu dan minyak yang menempel di sarung bantal dapat menjadi sarang bakteri. Maka dari itu, gantilah sarung bantal setidaknya seminggu atau dua minggu sekali untuk menghindari munculnya jerawat.

  1. Hentikan kebiasaan mengemil tengah malam

Mengemil sebelum tidur, terutama cemilan yang banyak mengandung gula, dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah dan menyebabkan inflamasi sehingga bisa memunculkan jerawat.

  1. Jangan gunakan handuk muka yang sama berkali-kali

Memakai handuk muka yang sama berkali-kali sama saja memindahkan bakteri, Ladies. Ada baiknya handuk muka kamu diganti beberapa hari sekali.

  1. Perhatikan dan ubah pola makan

“Saya menganjurkan para pasien untuk mengganti diet mereka,” ujar Dr. Bowe. “Konsumsilah makanan dengan kadar glikemik rendah seperti oatmeal, sayuran, dan lemak sehat.” Kamu juga bisa menambahkan makanan kaya antioksidan seperti bluberi, stroberi, dan lain sebagainya.

  1. Tidurlah di ruangan sejuk

Tidur di kamar yang hangat atau panas dapat membuat pori-pori kulit membesar. Ketika keringat masuk, di situlah komedo dan jerawat muncul. Maka dari itu, tidurlah di kamar sejuk. Temperatur idealnya 20-25 derajat Celsius.

 

Referensi:

www.today.com

comment

TOP ARTICLE