ARTICLES

Monday, 28 September 2020

Ketahui Jenis Kulit Sebelum Memilih Skincare

Ketahui jenis kulit sebelum memilih skincare memang ada tujuan tersendiri. Dengan begini, kita dapat memilih perawatan yang sesuai sehingga fungsinya pun bisa lebih efisien. Nah, bagaimana cara mengetahui jenis kulit itu?

Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa tekstur kulit setiap orang berbeda-beda. Namun, jenis kulit ini tidaklah konstan dan dapat berubah. Pembagian jenis kulit seseorang tergantung pada:

  • Jumlah air yang dikandung kulit atau berapa banyak air yang dimilikinya
  • Jumlah minyak dalam kulit atau seberapa berminyaknya kulit Anda
  • Tingkat sensitivitas atau seberapa sensitif kulit tersebut

Berdasarkan tiga faktor di atas, kulit manusia umumnya terbagi menjadi 5 jenis yang meliputi:

  1. Kulit kering

Kulit kering cenderung kasar, bersisik, dan terasa gatal. Pori-pori dan garis-garis kulit terlihat jelas. Kita dapat melihat pengikisan sel-sel kulit yang mati pada permukaan kulit. Kulit bisa menjadi lebih kasar dan bersisik ketika udara kering dan ketika kamu membersihkannya dengan sabun yang kuat.

Jenis kulit ini lebih rentan memiliki kulit kering saat dewasa karena kekeringan kulit merupakan bagian dari proses penuaan. Mandi air panas terlalu lama, efek obat-obatan, radiasi ultraviolet dari sinar matahari, atau riwayat keluarga dapat berkontribusi terhadap kulit kering.

Beberapa cara untuk merawat kulit kering yang bisa kamu lakukan pada kebiasaan sehari-hari adalah mandi dengan sabun berbahan ringan atau yang dirancang khusus untuk kulit kering, mengoleskan pelembab secara teratur, tidak menggosok kulit terlalu keras ketika mandi, dan tidak mandi dengan air panas terlalu lama.

2. Kulit berminyak

Kulit ini terlihat berkilau, terutama ketika dilihat di bawah cahaya. Ada pori-pori yang terbuka, jerawat, dan komedo pada kulit. Kulit berminyak dapat dialami di cuaca panas, atau selama pubertas. Stres dan efek obat-obatan antibiotik juga dapat membuat kulit menjadi berminyak.

3. Kulit normal

Warna kulit normal umumnya merata; teksturnya lembut dan halus. Tidak ada pori-pori yang terlihat jelas, cacat, noda merah, komedo, jerawat, kukul, atau masalah kulit lainnya yang terlihat. Permukaan kulit tidak terlalu berminyak atau kering karena air dan minyaknya seimbang, dan suplai darahnya baik.

Ini adalah jenis kulit yang paling sempurna yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan kulit. Kamu hanya harus menggunakan pembersih, pelembab, dan tabir surya.

4. Kulit kombinasi

Kulit jenis kombinasi umumnya memperlihatkan tampilan yang berminyak di dagu, dahi, hidung; lalu kering di bagian lainnya. Biasanya kulit kombinasi juga disertai pori-pori yang besar serta komedo. Kulit terlihat berkilau di bagian yang berminyak. Kulit kombinasi dapat dihasilkan dari faktor genetik atau perubahan cuaca.

5. Kulit sensitif

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penting untuk mencari tahu penyebabnya sehingga kamu dapat melindungi kulit dari iritasi. Tanda-tanda kulit sensitif meliputi:

  • Kemerahan di kulit
  • Perasaan kulit terbakar
  • Kulit kering
  • Kulit gatal

Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Setiap orang memiliki kondisi yang spesifik. Akan lebih mudah dan efektif untuk memiliki produk perawatan kulit jika kamu mengetahui jenis kulitmu dan apa yang dibutuhkannya.

Nah, kalau kamu mencari produk skincare yang cocok untuk kulit rentan jerawat yang dapat membuat kulitmu sehat dan bebas jerawat, look no further karena ini saatnya kamu coba PAPULEX™ !

PAPULEX adalah rangkaian skincare terdiri dari tiga formula aktif, serta menjadi produk yang sering diresepkan oleh dokter untuk perawatan jerawat di Perancis. PAPULEX menjadi satu-satunya brand derma-kosmetik yang direkomendasikan oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) sebagai perawatan jerawat, baik untuk jerawat ringan, sedang, atau berat.

Yuk coba PAPULEXsekarang!

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/apa-jenis-kulit-anda/

comment

TOP ARTICLE