ARTICLES

Monday, 5 October 2020

Jenis Jerawat yang Sering Muncul di Wajah, Ini 5 Namanya!

Jerawat adalah gangguan kulit umum yang terbentuk ketika folikel rambut di bawah kulit tersumbat. Sebagian besar jerawat terbentuk di wajah, leher, punggung, dada, dan bahu.

Ada banyak mitos tentang apa yang menyebabkan jerawat. Cokelat dan makanan berminyak sering disalahkan. Mitos umum lainnya adalah bahwa kulit kotor menyebabkan jerawat. Namun, sebenarnya komedo dan jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Stress tidak menyebabkan jerawat, tetapi dapat memperburuknya.

Ada beberapa jenis jerawat dengan penanganan yang berbeda. Jerawat ada yang sifatnya inflamasi dan noninflamasi. Jerawat non inflamasi biasanya tidak menyebabkan peradangan dan umumnya bisa merespons pengobatan biasa. Adapun jenis-jenis jerawat non inflamasi adalah:

Komedo Putih

Komedo muncul sebagai akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati. Jika pori-pori tertutup, kamu akan melihat benjolan kecil yang terlihat putih atau sewarna dengan kulit. Kondisi inilah yang disebut komedo putih.

Komedo Hitam

Jika pori-pori yang terbuka dimasuki kotoran, kondisi ini akan membentuk komedo berwarna hitam. Jangan menggosok atau memencetnya yang hanya akan memperburuk jerawat.Untuk penanganan komedo ini, disarankan untuk menggunakan retinoid untuk membuka pori-pori.

Dan sebagai sabun cuci mukanya, kamu sebaiknya menggunakan pencuci wajah dengan kandungan nicotamide. Nicotinamide (niacinamide)  yang berasal dari vitamin B3 ini akan mengontrol inflamasi dan efektif menurunkan tingkat keparahan jumlah lesi jerawat.

Cara ini dapat membantu menghilangkan bakteri berlebih penyebab jerawat/komedo di kulit wajah. Lakukan dengan intens selama enam sampai delapan minggu supaya efektif bekerja.

Nah, sekarang Jerawat yang sifatnya inflamasi alias peradangan biasanya ditandai dengan pembengkakan dan rona kemerahan. Pengobatan untuk kondisi ini biasanya lebih kompleks dan butuh penanganan khusus.

Bakal Jerawat (Papula)

Saat kulit banyak mengalami kelebihan minyak, bakteri, dan sel kulit mati terdorong lebih dalam ke dalam kulit sehingga menyebabkan peradangan (kemerahan dan pembengkakan). Penampakan yang bisa kamu lihat ketika kondisi ini muncul adalah benjolan kecil berwarna merah.

Untuk membersihkan jerawat jenis ini, cobalah mencuci wajah dua kali sehari dengan mencuci muka yang mengandung Anti Bacterial Adhesive dan Nicotamide. Akan membantu jika kamu mengompresnya dengan handuk hangat sebelum mencuci wajah. Biasanya ini efektif mengeringkan papula.

Jerawat yang Dipenuhi Nanah

Istilah medis untuk jenis jerawat ini adalah pustule. Kondisi ini mirip papula, tetapi pustule mengandung cairan kekuningan. Kamu akan menandai kondisi pustule dengan titik kuning atau putih di puncak jerawat.

Untuk mengobati pustule, cuci wajah dengan produk jerawat yang mengandung Nicotamide dan Zinc. Tahan godaan untuk tidak memencetnya. Karena memencet jerawat bisa memperburuk kondisi jerawat, bahkan bukan tak mungkin memicu komplikasi.

Jerawat Nodul atau Kista Jerawat

Jenis jerawat ini sangat kompleks dan butuh perawatan yang signifikan. Jerawat ini menembus jauh ke dalam kulit, dan sering menyebabkan bekas jerawat permanen ketika mereka sembuh. Jika kamu memiliki jerawat yang terlihat seperti ini, kamu akan memerlukan bantuan dokter kulit untuk mengobatinya. Semakin cepat memulai perawatan, semakin sedikit bekas luka permanen yang dimiliki.

Nah, kalau kamu butuh skincare yang khusus kulit rentan jerawat, ini saatnya kamu coba rangkaian skincare dari  PAPULEXPAPULEX adalah solusi bagi kulit rentan jerawat yang terdiri dari tiga formula aktif yaitu teknologi terpatenkan ABA (Anti Bacterial Adhesive), Nicotamide dan Zinc PCA yang menjadi produk yang sering diresepkan oleh dokter untuk perawatan jerawat di Perancis lho ladiesPAPULEX menjadi satu-satunya brand derma-kosmetik yang direkomendasikan oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) sebagai perawatan jerawat, baik untuk jerawat ringan, sedang, atau berat.

Yuk coba PAPULEXsekarang!

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-jerawat-yang-sering-muncul-di-wajah

comment

TOP ARTICLE