ARTICLES

Monday, 12 October 2020

Corona & Makeup, Apakah Virus Corona Dapat Hidup di Produk Makeup?

Masa pandemi membuat kita harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan, termasuk urusan make up. Timbul pertanyaan, apakan virus corona dapat menempel dan hidup di peralatan make up yang kita pakai sehari-hari? Yuk ladies, kita bahas berdasarkan lansiran sumber PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) satu ini!

Nah, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan olehThe New England Journal of Medicine, virus corona ternyata dapat bertahan pada permukaan plastik hingga 72 jam lho! Ini meliputi plastik make up, tubes, metal cases, dan lainnya. Di dalam make up memang terdapat bahan pengawet yang mencegah kontaminasi bakteri dan jamur, namun tidak bisa mencegah kontaminasi virus.

Produk kosmetik memiliki potensi sebagai sarana penularan virus corona, khususnya make up bibir dan mata. Lip liner, lip balm dan lipstick sangat berisiko karena diaplikasikan pada bibir yang merupakan jalan masuk saluran napas.

Maskara, eyeshadow dan eye-liner, diaplikasikan langsung pada area sekitar mata atau pada mata. Mengaplikasikan produk make-up yang terkontaminasi pada wajah dapat menjadi pintu masuk infeksi mikroorganisme termasuk virus corona.

Oleh karena itu, produk make up ternyata memang merupakan salah satu sarana potensial penularan virus ini. Perlu ekstra hati-hati mengingat beberapa produk make up diaplikasikan secara langsung ke area bibir dan mata.

Paling penting adalah jangan malas juga untuk mencuci muka setelah membersihkan make up agar wajahmu bersih secara menyeluruh. Double cleansing is a must! Setelah menggunakan pembersih riasan sesuai pilihan dan jenis kulitmu, cuci dengan face cleanser lembut namun tetap kuat membersihkan menyeluruh. Coba deh Moussant Soap Free Cleansing Gel dari PAPULEX™ yang cocok untuk seluruh jenis kulit, terutama kulit acne prone! Selain bikin kulit bersih dan tanpa membuatnya kering, Moussant ini terdiri dari Nikotamid (Niacinamide), Zinc, dan teknologi terpatenkan ABA (Anti Bacterial Adhesive) eksklusif hanya ada di produk PAPULEX™!
ABA menghambat berkembangnya bakteri penyebab jerawat dan nikotinamid mengontrol peradangan. Lalu, Zinc mengontrol produksi sebum wajah tanpa menyebabkan kulit jadi kering.

PAPULEX adalah rangkaian skincare sering diresepkan oleh dokter untuk perawatan jerawat di Perancis. PAPULEX menjadi satu-satunya brand derma-kosmetik yang direkomendasikan oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) sebagai perawatan jerawat, baik untuk jerawat ringan, sedang, atau berat.

Yuk coba PAPULEXsekarang!

Sumber: https://www.instagram.com/p/CBJ3F2BHReg/

comment

TOP ARTICLE