ARTICLES

Monday, 2 November 2020

Cegah Jerawat dengan 8 Langkah Mudah Ini

Cegah jerawat datang dengan perawatan yang tepat, ladies! Jerawat terjadi ketika kelenjar minyak kulitmu terlalu aktif dan pori-pori menjadi meradang. Beberapa jenis bakteri kulit dapat memperburuk jerawat. Jerawat bisa muncul di mana saja di kulit, tetapi paling sering muncul di wajah.

Karena jerawat biasanya dipicu oleh hormon androgen dan dalam beberapa kasus, karena faktor genetik. Memang tidak ada cara pasti untuk mencegahnya. Namun, ada banyak metode untuk mengurangi keparahan dan menjaganya tetap terkendali. Yuk coba langkah-langkah berikut untuk cegah jerawat.

  1. Cuci muka dengan benar

Untuk membantu mencegah jerawat, penting untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan keringat setiap hari. Namun, mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat memperburuk jerawat. Jangan mencuci muka dengan pembersih keras yang membuat kulit kering. Gunakan pembersih yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Pilihlah rangkaian Papulex™ Acne Care yang telah direkomendasikan oleh Perhimpunan Dokter Kulit Indonesia (Perdoski) sebagai terapi adjuvant untuk kulit berjerawat. Untuk pencuci wajah, kamu bisa pakai Papulex™ Moussant Soap-free Cleansing Gel yang cocok untuk seluruh jenis kulit, terutama kulit acne prone! Selain bikin kulit bersih dan tanpa membuatnya kering, Moussant ini terdiri dari Nikotinamid (Niacinamide), Zinc, dan teknologi terpatenkan ABA (Anti Bacterial Adhesive) eksklusif hanya ada di produk PAPULEX™! ABA menghambat berkembangnya bakteri penyebab jerawat dan nikotinamid mengontrol peradangan. Lalu, Zinc mengontrol produksi sebum wajah tanpa menyebabkan kulit jadi kering. Cuci wajahmu secara rutin sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Ketahui jenis kulitmu

Siapapun bisa terkena jerawat, apapun jenis kulitnya. Kulit berminyak adalah bagian yang paling rentan berjerawat. Ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous kulitmu yang memproduksi terlalu banyak sebum berminyak. Jenis kulit lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah kulit kombinasi. Kulit kombinasi berarti kamu memiliki area kering dan area berminyak. Area berminyak cenderung menjadi dahi, hidung, dan dagu, juga disebut T-zone. Mengetahui jenis kulit akan membantumu memilih produk perawatan kulit yang tepat. Misalnya, jika kulitmu berminyak, pilih produk nonkomedogenik yang diformulasikan tidak menyumbat pori-pori. Contohnya adalah memilih rangkaian perawatan kulit Papulex™ Acne Care yang telah direkomendasikan oleh Perhimpunan Dokter Kulit Indonesia (Perdoski) sebagai terapi adjuvant untuk kulit berjerawat.

  1. Melembapkan kulit

Pelembap membantu kulit tetap terhidrasi. Tetapi banyak pelembap yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan jerawat. Untuk membantu mencegah jerawat, gunakan pelembap nonkomedogenik bebas pewangi setelah kamu mencuci muka atau saat kulit terasa kering. Contohnya, kamu bisa memilih pelembap dari Papulex berupa Papulex™ Hydrating Cream untuk kulit kering dan Papulex™ Oil-free Cream untuk kulit berminyak yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

  1. Tetap terhidrasi

Jika kamu mengalami dehidrasi, tubuhmu mungkin memberi sinyal pada kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Dehidrasi juga membuat kulitmu tampak kusam dan memicu peradangan dan kemerahan. Untuk menjaga tubuhmu terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya delapan gelas 8 ons air setiap hari. Minum lebih banyak setelah berolahraga atau saat kamu menghabiskan waktu di lingkungan yang panas dan lembap.

  1. Batasi penggunaan make-up

Sangat menggoda untuk menggunakan makeup untuk menutupi jerawat. Namun, tindakan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya penyakit. Tapi kalau kamu memang harus memakai makeup, hindari alas bedak yang berminyak dan berat, dan gunakan produk yang nonkomedogenik, murni, dan bebas pewangi.

  1. Jangan menyentuh wajah

Tangan kamu menghadapi kotoran dan bakteri terus-menerus sepanjang hari. Dan setiap kali kamu menyentuh wajah, beberapa kotoran yang menyumbat pori dapat berpindah ke kulit kamu. Bagaimanapun juga, jika hidungmu gatal, garuklah. Tetapi cuci tangan kamu secara teratur, dan cobalah untuk menyentuh wajah kamu sesedikit mungkin.

  1. Batasi paparan sinar matahari

Menangkap beberapa sinar dapat mengeringkan jerawat dalam jangka pendek, tetapi menyebabkan masalah besar dalam jangka panjang. Sering terpapar sinar matahari membuat kulit dehidrasi, yang seiring waktu menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori.

Penting untuk memakai tabir surya untuk membantu mencegah kanker kulit. Namun, banyak tabir surya yang berminyak. Untuk perlindungan matahari dan jerawat, kenakan tabir surya nonkomedogenik bebas minyak. Kamu bisa memilih sunscreen Papulex™ UV High Protection Cream dengan SPF 45 untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari jahat, serta diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

  1. Jangan memencet jerawat

Mungkin menggoda untuk memeras whitehead yang besar ke ujung hidung kamu, tapi jangan ya. Memencet jerawat dapat menyebabkan perdarahan, jaringan parut yang parah, atau infeksi. Ini juga dapat meningkatkan peradangan dan menyumbat pori-pori di sekitarnya, membuat masalah jerawat kamu semakin parah.

 

Sumber: https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pimples

comment

TOP ARTICLE